PENGERTIAN
DAN KONSEP KEWIRAUSAHAAN
Kewirausahaan
berasal dari istilah entrepreneurship, sedangkan wirausaha berasal dari kata
entrepreneur. Kata entrepreneur, secara tertulis digunakan pertama kali oleh
Savary pada tahun 1723 dalam bukunya “Kamus Dagang”. Banyak orang yang memberi
pengertian entrepreneur, di antaranya sebagai berikut:
1.
Orang yang menanggung risiko
2.
Orang yang memobilisasi dan mengalokasikan modal
3.
Orang yang menciptakan barang baru
4.
Orang yang mengurus perusahaan.
Tipe – Tipe Seorang Wirausaha :
- TheImprover
Pebisnis gaya improver, berfokus pada menggunakan perusahaan sebagai sarana untuk memperbaiki dunia. Memiliki moto : perusahaan yang bekerja benar secara moral akan dihargai sebagai sebuah tujuan mulia. Contoh Pengusaha : Anita Roddick, Pendiri The Body Shop. - Advisor
Pebisnis dengan gaya Advisor memiliki tingkat kepedulian yang sangat tinggi kepada pelanggan. Motto dari advisor ini yaitu pelanggan adalah benar dan kita harus melakukan segalanya untuk menyenangkan mereka. Perusahaan dibangun oleh penasehat yang fokus pada pelanggan. Contoh Pengusaha : John W. Nordstrom, Pendiri Nordstrom. - Superstar
Pebisnis tipe Superstar, pusatnya dikelilingi oleh karisma dan energi tinggi dari Sang CEO Superstar. Dalam membangun bisnisnya, seorang Superstar menggunakan merek pribadi sendiri. Contoh Pengusaha : Donald Trump, CEO Trump Hotels & Resorts Casino. - Artist
Pebisnis dengan kepribadian Artist biasanya senang menyendiri tapi sangat kreatif. Sering ditemukan dalam bisnis menuntut kreativitas seperti desain web dan biro iklan. Sebagai tipe artist akan cenderung membangun bisnis di sekitar bakat unik dan kreativitas yang di miliki. Contoh Pengusaha : Scott Adams, Pencipta Dilbert. - The Visionary
Sebuah bisnis yang dibangun oleh seorang visioner sering didasarkan pada visi masa depan dan pemikiran pendirinya. Anda akan memiliki rasa ingin tahu tingkat tinggi untuk memahami dunia di sekitar Anda. Contoh Pengusaha : Bill Gates, Pendiri MicroSoft Inc - Analis
Jika Anda menjalankan bisnis sebagai seorang analis, perusahaan Anda fokus pada memperbaiki masalah dengan cara sistematis. Kebanyakan adalah perusahaan ilmu pengetahuan, teknik atau komputer, perusahaan Analis unggul dalam pemecahan masalah.Contoh Pengusaha : Intel Pendiri, Gordon Moore. - The Fireball
Sebuah bisnis yang dimiliki dan dioperasikan oleh kepribadian gaya Fireball adalah penuh kehidupan, energi dan optimisme. Perusahaan Anda adalah energi kehidupan dan membuat pelanggan merasa mendapatkan perlakuan dengan cara yang menyenangkan. Contoh Pengusaha : Malcolm Forbes, Publisher, Majalah Forbes. - Hero
Anda akan memiliki kemampuan luar biasa untuk memimpin dunia dan bisnis Anda melalui tantangan apapun. Anda adalah inti dari kewirausahaan dan bisa merakit perusahaan besar. Contoh Pengusaha : Jack Welch, CEO GE. - The Healer
Jika Anda The Healer (Penyembuh), Anda memberikan pemeliharaan dan harmoni bagi bisnis Anda. Anda memiliki kemampuan luar biasa untuk bertahan dengan ketenangan batin. Contoh Pengusaha : Ben Cohen, Co-Founder Of Ice Cream Ben & Jerry. - Friendly
Seorang Pengusaha bertipe Friendly, adalah seseorang yg mampu menjadikan siapapun sebagai temannya baik dari kalangan bawah, menengah, bahkan teratas.
·
Fungsi Seorang Wirausaha :
- Mengusahakan inovasi-inovasi baru
- Membuka pasaran baru
- Memasuki usaha-usaha baru yang belum pernah dicoba oleh orang lain
- Memulai produksi jenis barang dan jasa baru
·
Karakteristik Seorang Wirausaha :
- Kreatif dan Inovatif
- Berani mengambil resiko
- Tidak Mudah Putus Asa
- Berani Bersaing
- Tidak Tahu Malu
- Dapat bersosialisasi dengan baik di lingkungan (Supel)
- Aktif
- Tekun
- Low Profile
·
Terdapat 2 (dua) motif seseorang
berwirausaha, yaitu Need Based (Kebutuhan) dan Opportunity Based
(Kesempatan)
·
Terdapat 10 Kompetensi seorang
Wirausaha, yaitu :
- Knowing Your Bussines
- Knowing The Basic Bussines Management
- Having Proper Attitude
- Having Adequate Capital
- Managing Financial Efficienly
- Managing Time Effectifly
- Managing People
- Satisfying Costumer by Provinding High Quality Product
- How to Complete / Knowing Hozu to Complete
- Copied with Regulation and Paperwork
KEADAAN
DAN PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN DI INDONESIA
Kewirausahaan dikatakan sebagai
salah satu faktor yang dapat mendorong peningkatan perekonomian Indonesia
karena memiliki beberapa alasan. Diantaranya dapat meningkatkan kreatifitas dan
kemampuan masyarakat dalam menyalurkan ide dan kreasinya, masyarakat tidak
bergantung kepada pemerintah seperti PNS (Pegawai Negeri Sipil), dan juga dapat
menarik investor Negara asing untuk menanamkan modalnya di Indonesia apabila
kewirausahaan berjalan dengan baik. Jumlah wirausaha di Indonesia pada saat ini
masih menunjukan presentase yang sangat kecil, yaitu belum mencapai 2%.
Padahal, untuk dapat dikatakan sebagai Negara maju jumlah wirausaha di suatu
Negara harus berjumlah minimal 2% dari total jumlah penduduk. Indonesia masih
jauh tertinggal oleh Negara- Negara tetangga yang memiliki jumlah wirausaha
lebih tinggi. Seperti Singapura yang merupakan Negara dengan jumlah wirausaha
tertinggi di ASEAN, kemudian Malaysia. Memprihatinkan memang, mengingat
Indonesia memiliki sumder daya alam yang sangat melimpah. Hal ini dikarenakan
kurangnya inovasi dan kreativitas penduduk Negara Indonesia dalam memanfaatkan
sumber daya tersebut.
Untuk dapat berwirausaha dibutuhkan
kemauan dan niat yang kuat. Hal ini yang sangat dibutuhkan oleh penduduk
Indonesia. Mayoritas penduduk Indonesia memilih bekerja di kantor pemerintahan
karena berfikir menjadi wirausaha kurang menjanjikan dan memiliki resiko yang
lebih tinggi. Sedangkan di Negara maju seperti Amerika Serikat, penduduk di
Negara tersebut hanya berjumlah 6% yang ingin bekerja di kantor pemerintahan.
Dan pada tahun 1990-an, diketahui 60% pelajar SMA di Amerika ingin menjadi
pengusaha. (pendidikanekonomi.com) Jika
hal-hal tersebut terus dibiarkan, kewirausahaan di Indoneisia tidak akan
berkembang dan tidak dapat meningkatkan perekonomian Indonesia. Oleh karena
itu, dibutuhkan perhatian pemerintah serta kesadaran masyarakat dalam
mengembangkan bidang kewirausahaan. Karena dengan berkembangnya kewirausahaan,
dapat mengembangkan perekonomian Negara. Contohnya, bertambahnya devisa Negara
karena banyaknya investor yang menanamkan modalnya di Indonesia. Penduduk dapat
membantu mewujudkan peningkatan perekonomian dengan berwirausaha dan
memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia di Indonesia. Dengan demikian omset
dari usaha tersebut dapat menentukan pajak yang akan membantu menambah
pendapatan Negara. Perkembangan kewirausahaan juga dapat mengurangi jumlah
pengangguran, jika demikian Negara Indonesia dapat terus berkembang bahkan
menjadi Negara maju.
PERAN
IMPIAN DALAM MENCAPAI KESUKSESAN DAN BERANI MEMBANGUN IMPIAN HIDUP
Refleksi masa depan merupakan hasil
impian masa lalu. Impian Anda saat ini, sangat menentukan berapa besar dan sukses
Anda di masa depan. Keberhasilan masa depan Anda bergantung pada seberapa besar
kemauan, usaha Anda dalam menjemput sukses masa depan. Setiap manusia pada
dasarnya memiliki sebuah peluang dalam mengukir kesuksesan di masa depan, namun
itu tergantung dari bagaimana Anda dalam merencanakan, mengelola dan melakukan
sebuah strategi pencapaian impian yang dapat menentukan kesuksesan di masa
depan. Semua orang yang sukses adalah orang-orang yang memiliki mimpi yang
besar. Mereka membayangkan apa yang akan terjadi di masa depan, kemudian mereka
bekerja setiap hari untuk mencapai tujuan yang telah mereka miliki dalam
pikiran mereka (Brian Tracy). Dan bekerja keras saja tidak akan pernah
menghantarkan Anda ke puncak sukses, bekerjalah dengan cerdas dengan menggunakan
strategi yang tepat yaitu bagaimana untuk dapat meraihnya, dan kemudian berani
melangkah atau bertindak untuk mewujudkannya.
Setiap orang itu memiliki kesempatan
yang sama untuk menjadi orang sukses dan hal ini memang benar. Tapi, dalam
kenyataannya, tidak banyak orang yang bisa memanfaatkan kesempatan tersebut,
dan beberapa diantaranya malah ada yang menyia-nyiakannya, sehingga mereka
menjalani kehidupan yang monoton dan biasa-biasa saja. Dan salah satu penyebab
para pemimpi gagal dalam merealisasikan mimpinya adalah gagal dalam memulai.
Banyak para pemimpi cenderung untuk menunda dan mengandalkan hari esok.
Akhirnya mereka hanya bisa berdiam diri dan menjadi penonton orang-orang yang
sukses dalam mewujudkan mimpinya. Itulah pentingnya memanfaatkan kesempatan.
Kebiasaan menunda adalah kebiasaan yang harus segera dirubah, karena Anda bisa
kehilangan banyak kesempatan emas. Dengan memulai, maka Anda telah bersiap diri
dan percaya bahwa Anda dapat menghadapi tantangan apapun.
KONSEP START WITH
THE END IN MIND
konsep
ini memberikan gambaran yang berangkat dari imajinasi pikiran. Konsep ini
melatih diri untuk selalu memikirkan target akhir dalam sebuah tindakan. Setiap
hasil karya manusia selalu terjadi pada dua tingkatan. Tingkatan pertama adalah
tingkat imajinasi pikiran (mental creation) dan tingkatan kedua adalah
perwujudan (physical creation). Pada tingkatan pertma inilah, kebiasaan kedua
menjadi penting, sebab kejelasan pikiran untuk menggambarkan tujuan akhir akan
mendorong lahirnya tingkat kedua. Sehingga setiap tindakan kita menjadi fokus
dan terarah pada suatu tujuan yang telah ditentukan. Stephen Covey menyebutnya
sebagai sebuah Mission Statement (pernyataan misi). Sebuah misi harus
dilaksanakan hingga tuntas (accomplished). Kejelasan (clairty)
sebuah misi menjadi sangat penting sebab melahirkan rencana tindakan dan
sejumlah strategi yang efektif untuk mencapainya.
PENTINGNYA
MENGEMBANGKAN SIKAP UNTUK MENJADI WIRAUSAHA
Pengembangan
diri adalah cara membangun karakter terbaik manusia. Karakter terbaik
dihasilkan dari tubuh yang sehat dan ruhani yang sehat, Karakter manusia
menghasilkan sikap dan tindakan jika karakternya baik maka sikap dan
tindakannya akan baik jika karakternya buruk maka sikap dan tindakannya tidak
sempurna. Jika pengembangan diri anda positif maka munculah kesiapan diri untuk
bekerja. Kesiapan diri ini penting untuk setiap langkah kerja yang akan anda
lakukan. Pertama adalah mengoptimalkan tubuh, kesiapan raga ini dapat anda
lakukan dengan cara menjaga tubuh agar dapat melakukan kerja sebaik-baiknya.
Menjaga tubuh ini lebih mudah karena telah banyak alat yang dapat mengukur
keseimbangan tubuh seperti berat badan, tinggi badan, suhu badan, dan kegesitan
maupun kelenturan badan.Namun cara termudah menjaga tubuh ini adalah dengan
cara makan makanan bergizi teratur dan berolahraga secara teratur.
Kedua adalah mengoptimalkan tiga kelebihan ruhani yang kita miliki yaitu hati, pikiran dan nafsu. Untuk meningkatkannya banyak cara tetapi yang sulit adalah mengukurnya karena sifatnya yang tidak terlihat secara fisik. Namun pengoptimalan elemen ini sama pentingnya dari tubuh kita karena akan mempengaruhi sifat dasar manusia (karakter), tindakan (sikap dan prilaku), dan emosi (senang, sedih, atau acuh). Keduanya sangat penting karena itu sangat baik jika memiliki keselarasan pada keduanya. Kesiapan keduanya memudahkan anda untuk melangkah maju karena dengan keduanya anda akan mempunyai kepercayaan diri
12 SIKAP MENUJU HIDUP SUKSES
1.
Harga Diri
Harga
diri adalah perasaan berharga yang Anda pandang terhadap diri Anda sendiri.
Apakah Anda merasa berharga atau tidak, semua di tentukan bagaimana Anda menilai
diri Anda. Saat Anda menilai diri Anda berharga semakin mudah Anda mencapai
kesuksesan. Saat Anda memandang diri Anda tidak berharga akan semakin sulit
Anda untuk mencapai kesuksesan yang Anda inginkan.
2.
Percaya Diri
Percaya
diri adalah perasaan percaya terhadap kemampuan dan diri sendiri. Tidak masalah
bila Anda berada dalam tekanan, Anda akan mengandalkan diri Anda untuk
menyelesaikan semua tekanan yang Anda rasakan bukan mencari kambing hitam dari
masalah yang terjadi. Orang yang mengandalkan kepercayaan dirinya akan selalu
memiliki keyakinan bahwa semua yang dihadapi bisa teratasi.
3.
Sikap pantang menyerah
Tantangan
atau masalah memiliki pesan yang sangat spesifik bagi pemiliknya jika mereka
bisa belajar dan mencari hikmat dari masalah yang sedang mereka hadapi. Ketika
seseorang berhasil mengatasi satu masalah akan membuat mereka lebih merasa kuat
dan merasa mampu mengatasi masalah yang sama di masa depan.
4.
Memiliki intuisi
Intuisi
adalah bagaian dalam diri kita yang selalu berkomunikasi dengan sangat pelan
dan halus kepada kita.
5.
Kreatif
orang
kreatif adalah orang yang memiliki daya cipta yang unik, baik yang terlihat
atau pun tidak (ide, solusi, konsep). Produk yang bisa mereka hasilkan adalah
produk yang memang baru dan unggul, namun dapat berupa transformasi dari
berbagai produk yang sudah ada.
6.
Pemberani
Mereka
yang memiliki sifat berani dalam hidupnya tidak lari dari tanggung jawab yang
mereka tanggung. Mereka akan mengambil peran dan tanggung jawab dalam
menyelesaikan masalah yang mereka hadapi. Mereka sangat menjaga harga diri dan
kepercayaan orang lain terhadap mereka.
7.
Passion
Passion
adalah satu hal atau kegiatan yang sangat Anda suka lakukan tanpa harus diminta
atau dipaksa untuk melakukanya. Anda melakukanya berdasarkan rasa suka dan
cinta. Saat melakukannya Anda merasa bahagia. Bila Anda sudah memiliki hal
tersebut maka akan lebih memudahkan Anda untuk mencapai impian Anda yang lain.
8.
Action
Dengan
melakukan action akan lebih memudahkan mereka mengetahui seberapa jauh
mereka telah mencapai perjalanan. Apakah perlu melakukan strategi yang berbeda
atau perlu mengurangi upaya yang tidak dibutuhkan dalam mencapai kesusksesan
mereka.
9.
Komitmen
Komitmen
adalah janji yang Anda lakukan terhadap diri Anda. Komitmen menandakan Anda
serius terhadap hidup dan impian Anda. Komitmen juga berarti Anda siap untuk
melakukan semua upaya yang dibutuhkan untuk mencapai impian Anda, tidak peduli
apa pun yang Anda akan hadapi di depan.
10.
Bersyukur
Bersyukur
adalah rasa terimakasih kepada Tuhan atas sesuatu yang dimiliki. Baik keuangan,
kesehatan, kebutuhan dan semua hal-hal yang masih Anda terima dalam hidup.
Orang yang berhasil dalam hidupnya adalah orang yang tahu berterima kasih atas
apa yang sudah mereka miliki dan kepada orang-orang yang sudah membantunya
selama ini.
11.
Pasrah
Orang
yang memiliki karakter pasrah adalah mereka yang tidak memikirkan hasil akhir
dari setiap perjuangan yang mereka lakukan. Mereka fokus untuk hidup saat ini
dan melakukan upaya terbaik yang bisa mereka lakukan saat ini. Masalah hasil
diserahkan kepada Tuhan.
12.
Mendekatkan diri kepada Tuhan
Kita
sering dengar dengan sebutan Tuhan atau Allah. Mereka percaya apa pun yang
mereka lakukan adalah bagaian dari campur tangan Tuhan dalam meraih kesuksesan
mereka. Mereka melibatkan campur tangan Tuhan dalam perjuangan mereka. Bentuk
realisasi dari keyakinan mereka terhadap Sang Pencipta melalui doa dan
ritual-ritual secara ajaran agama.
KARAKTER
DAN CONTOH KARAKTER WIRAUSAHA
1.
Dream
Seorang wirausaha mempunyai
keinginan terhadap masa depan pribadi dan bisnisnya serta mempunyai kemampuan
untuk mewujudkan impiannya.
2.
Decisiveness
Seorang wirausaha adalah orang yang
tidak bekerja lambat. Mereka membuat keputusan secara cepat, tetapi penuh
perhitungan. Kecepatan dan ketepatan dalam mengambil keputusan merupakan salah
satu kunci sukses dalam bisnis.
3.
Doers
Seorang wirausaha akan langsung
menindaklanjuti keputusan yang diambilnya. Mereka melaksanakan kegiatan secepat
mungkin. Seorang wirausaha tidak mau menunda-nunda kesempatan yang baik di
dalam bisnisnya.
4.
Determination
Seorang wirausaha melaksanakan
kegiatannya dengan penuh perhatian serta tanggung jawab yang tinggi dan tidak
mau menyerah walaupun dihadapkan pada rintangan-rintangan.
5.
Dedication
Seorang wirausaha yang berdedikasi
terhadap bisnisnya, kadang-kadang mengorbankan kepentingan keluarganya
untuk sementara waktu.
6.
Devotion
Seorang wirausaha mencintai bisnis
dan produk yang dihasilkannya. Hal inilah yang men- dorong keberhasilannya di
dalam menjual produk yang dihasilkannya
7.
Details
Wirausaha sangat memerhatikan
faktor-faktor penting secara rinci. Mereka tidak mau mengabaikan faktor-faktor
kecil yang dapat menghambat kegiatan usahanya.
8.
Destiny
Seorang wirausaha bertanggungjawab
terhadap nasib dan tujuan yang hendak dicapainya. Dia merupakan orang bebas dan
tidak mau bergantung kepada orang lain.
9.
Dollars
Seorang wirausaha tidak mengutamakan
kekayaan. Motivasinya bukan hanya masalah uang. Uang dianggap sebagai ukuran
kesuksesan bisnisnya. Ia beranggapan jika berhasil dalam bisnis, ia pantas
mendapat laba, bonus, ataupun hadiah.
10.
Distribute
Wirausaha bersedia mendistribusikan
kepemilikan dalam bisnisnya kepada orang-orang kepercayaannya, yaitu orang-orang
yang kritis dan mau diajak untuk mencapai sukses di bidang bisnis.
PENGERTIAN DAN PERBEDAAN
TECHNOPRENEURSHIP DAN TECHNOPRENEUR DALAM WIRAUSAHA
Technopreneur
merupakan gabungan dari dua kata, yaitu Technologi dan Enterpreneurs.
Definisi dari Technopreneur merupakan suatu upaya dalam
membuat bisnis dengan berbasis IT, sehingga diharapkan pergerakan bisnis
tersebut selalu baik. Teknologi zaman saat ini sangat berpengaruh terhadap
bidang apapun, termasuk juga wirausaha. Oleh karena itu pakar IT berusaha
mengembangkan wirausaha dengan IT. Sebelum berlanjut, secara umum kata
teknologi sering digunakan untuk merujuk pada penerapan praktis ilmu
pengetahuan ke dunia industri.
Sedangkan kata enterpreneur
berasal dari kata enterpreneur yang merujuk pada seseorang yang
menciptakan bisnis/usaha dengan keberanian menanggung resiko untuk mencapai
keuntungan dan pertumbuhan dengan cara mengidentifikasikan peluang yang ada.
Terdapat perbedaan antara enterpreneurship dengan Technopreneur. Technopreneur harus
sukses pada dua tugas utama, yaitu menjamin bahwa teknologi berfungsi sesuai
kebutuhan target pelanggan, dan teknologi tersebut dapat dijual dengan
mendapatkan keuntungan (profit). Sedangan jika enterpreneur biasa,
umumnya hanya berhubungan dengan bagian kedua, yaitu menjual dengan mendapatkan
keuntungan.
Technopreneurship adalah sebuah
inkubator bisnis berbasis teknologi, yang memiliki wawasan untuk
menumbuh-kembangkan jiwa kewirausahaan di kalangan generasi muda, khususnya
mahasiswa sebagai peserta didik dan merupakan salah satu strategi terobosan
baru untuk mensiasati masalah pengangguran intelektual yang semakin meningkat (
+/- 45 Juta orang). Dengan menjadi seorang usahawan terdidik, generasi muda,
khususnya mahasiswa akan berperan sebagai salah satu motor penggerak
perekonomian melalui penciptaan lapangan-lapangan kerja baru. Semoga dengan
munculnya generasi technopreneurship dapat memberikan solusi atas permasalahan
jumlah pengangguran intelektual yang ada saat ini. Selain itu juga bisa menjadi
arena untuk meningkatkan kualitas SDM dalam penguasaan IPTEK, sehingga kita
bisa mempersiapkan tenaga handal ditengah kompetisi global.
HAKIKAT TECHNOPRENEUR DALAM
MENUNJANG KEBERHASILAN USAHA
Kepribadian Technopreneur
McClelland merinci karakteristik
mereka yang memiliki N-Ach yang tinggi, sebagai berikut :
1.
lebih menyukai pekerjaan dengan
resiko yang realistic
2.
bekerja lebih giat pada tugas-tugas
yang memerlukan kemampuan mental
3.
tidak menjadi bekerja lebih giat
dengan adanya imbalan uang
4.
cenderung untuk berfikir ke masa
depan dan memiliki pemikiran jangka panjang
Karakter Pembentuk Technopreneur
1.
rela tumbuh dari awal
2.
tau apa artinya cash on hand
3.
modal utamanya bukanlah selalu uang
Kemampuan yang diperlukan :
1. keterampilan teknis
2.
keterampilan manajemen usaha
3. keterampilan dalam membuat keputusan,
pemasaran, manajemen, pembiayaan, akuntansi,
produksi, control, dan negosiasi
PENGEMBANGAN USAHA DENGAN
TECHNOPRENEURSHIP DAN CONTOH KASUS KEHIDUPAN SEHARI-HARI
Salah Satu Contoh Perkembangan
Perusahaan Yang Bergerak Di Bidang IT adalah
PT Telkom Indonesia merupakan salah satu BUMN yang sebagian besar sahamnya (52 persen) dimilki oleh pemerintah. Nama panjang PT Telkom adalah PT Telekomunikasi Indonesia, TBK. Masyarakat mengenal perusahaan ini dengan nama PT Telkom atau Telkom. PT Telkom termasuk perusahaan publik yang sahamnya diperjualbelikan di Bursa Efek Indonesia.
Lebih dari 52 persen saham PT Telkom dimiliki oleh pemerintah dan 48 persen saham lainnya dimiliki oleh publik. Kepemilikan saham PT Telkom oleh publik ini terbagi menjadi 2, yaitu investor asing dengan total kepemilikan saham sekitar 45 persen dan investor lokal dengan kepemilikan saham PT Telkom sekitar 3 persen. Perusahaan ini mengkhususkan diri sebagai perusahaan informasi dan telekomunikasi.
PT Telkom mengklaim sebagai perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia. Hal itu ditandai dengan penyediaan jasa dan jaringan telekomunikasi secara besar dan lengkap di seluruh pelosok Indonesia. Jumlah pelanggan PT Telkom pun mencapai 15 juta untuk pelanggan telepon tetap dan 50 juta untuk pelanggan telepon seluler atau handphone. Kebesaran PT Telkom pun ditandai dengan kepemilikan saham mayoritas PT Telkom pada 9 anak perusahaannya, termasuk kepemilikan saham mayoritas PT Telkom pada perusahaan PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel).
PT Telkom Indonesia merupakan salah satu BUMN yang sebagian besar sahamnya (52 persen) dimilki oleh pemerintah. Nama panjang PT Telkom adalah PT Telekomunikasi Indonesia, TBK. Masyarakat mengenal perusahaan ini dengan nama PT Telkom atau Telkom. PT Telkom termasuk perusahaan publik yang sahamnya diperjualbelikan di Bursa Efek Indonesia.
Lebih dari 52 persen saham PT Telkom dimiliki oleh pemerintah dan 48 persen saham lainnya dimiliki oleh publik. Kepemilikan saham PT Telkom oleh publik ini terbagi menjadi 2, yaitu investor asing dengan total kepemilikan saham sekitar 45 persen dan investor lokal dengan kepemilikan saham PT Telkom sekitar 3 persen. Perusahaan ini mengkhususkan diri sebagai perusahaan informasi dan telekomunikasi.
PT Telkom mengklaim sebagai perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia. Hal itu ditandai dengan penyediaan jasa dan jaringan telekomunikasi secara besar dan lengkap di seluruh pelosok Indonesia. Jumlah pelanggan PT Telkom pun mencapai 15 juta untuk pelanggan telepon tetap dan 50 juta untuk pelanggan telepon seluler atau handphone. Kebesaran PT Telkom pun ditandai dengan kepemilikan saham mayoritas PT Telkom pada 9 anak perusahaannya, termasuk kepemilikan saham mayoritas PT Telkom pada perusahaan PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel).
Wawancara Dengan Pedagang Mie Ayam Bakso
Tazya, Utari
: “Permisi pak , kami mahasiswa dari Universitas Gunadarma kalimalang
jurusan Akuntansi Komputer mendapat tugas untuk mewawancarai pedagang, kalau
tidak keberatan bisa minta waktunya sebentar untuk di wawancara pak?”
Bpk. Jumadi :
“iya silahkan mba.”
Utari : “
perkenalkan pak saya Utari dan teman saya Tazya”
Bpk. Jumadi
: “saya Jumadi mbak.”
Tazya : “sejak kapan bapak berjualan Mie Ayam Bakso
ini?”
Bpk. Jumadi
: “sejak 2015 mba.”
Utari : “apa alasan bapak berjualan?”
Bpk. Jumadi :
“alasan utamanya ya untuk memenuhi kebutuhan hidup mba.”
Tazya : “kenapa bapak memilih untuk berjualan Mie
Ayam Bakso ?”
Bpk. Jumadi :
“karna ada sodara saya yang sebelumnya sudah berjualan Mie Ayam Bakso
mba di kampung halaman saya, karna saya bingung waktu itu ingin membuka usaha apa
akhirnya saya mengikuti jejak sodara saya itu, tapi saya memilih untuk
berjualan di kota tepatnya ya disini di Terminal Kp. Rambutan Jakarta Timur.”
Utari :
“Segmentasi pasar Mie Ayam Bakso ini
gimana sih pak?”
Bpk. Jumadi : “yaa disini mba di terminal karna
suasana di sini selalu ramai setiap hari, sasarannya semua orang yang lalu
lalang disini.”
Tazya : “target
pasarnya gimana pak?”
Bpk. Jumadi :
“saya menjual Mie Ayam Bakso ini dengan
harga yang murah dengan rasa yang enak mba. “
Utari : “kalau
cara bapak mempromosikan Mie Ayam Bakso
ini gimana pak?”
Bpk. Jumadi :
“wahh saya ga pernah promosi mba Alhamdulillah dari awal saya buka sampai
sekarang sudah banyak peminat dan langganannya mba”
Tazya : “apa
impian bapak kedepannya dari usaha ini?”
Bpk. Jumadi :
“saya ingin mempunyai warung sendiri mba, kalau sekarang kan saya masih
berjualan di pinggir jalan tidak di ruangan yang tertutup dan saya juga ingin
mempunyai cabang di mana-mana”
Utari : “kalau
omset tiap bulan dari berjualan Mie Ayam Bakso berapa ya pak?”
Bpk. Jumadi :
“3-5 juta mba per bulan.”
Utari : “ wahh,
lumayan yaa pakk”
Bpk. Jumadi
: “iyaa mba Alhamdulillah”
Tazya, Utari
: “ kalau begitu terima kasih ya pak atas waktunya, semoga sukses terus
dan bisa mencapai keinginan bapak mempunyai cabang di mana-mana”
Bpk. jumadi :
“ iyaa sama-sama mba , semoga lancar ya kuliahnyaa”
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar